Terminologi Pariwisata
Adult
Adult; kategori dewasa dalam tiket, tidak akan
mendapat diskon pada saat pembelian tiket.
Airport
Service Charge / Passenger Service Charge
Airport Service Charge / Passenger Service Charge;
Biaya yang dibebankan oleh pengelola bandara kepada penumpang pesawat udara
yang menggunakan pelayanan bandar udara yang bersangkutan karena ikut memanfaatkan
jasa-jasa pelayanan dan penggunaan fasilitas terminal bandar udara tersebut.
Auxiliary
Service Operator
Auxiliary Service Operator; Penyelenggara
atau penyedia pelayanan meliputi akomodasi hotel, tour, car rental, air taxi,
maupun surface transportation yang berkaitan dengan perjalanan penumpang.
Baggage
Allounce
Baggage Allounce; Kapasitas bagasi/barang
yang boleh dibawa oleh penumpang untuk keperluan atau kenyamanan penumpang
selama dalam perjalanan.
Baggage Claim
Area
Baggage Claim Area; tempat/area pengambilan bagasi
di airport.
Baggage Tag
Baggage Tag; Tanda pengenal dari
bagasi atau nomor bagasi.
Boarding Pass
Boarding Pass; alat/syarat yang memungkinkan Anda untuk menaiki pesawat
terbang.
Boarding
Airline / Boarding Member
Boarding Airline; Penerbangan atau airline yang
mengangkut penumpang dari suatu kota keberangkatan atau boarding point.
Boarding Point
Boarding Point; kota atau airport tempat penumpang
dijadwalkan berangkat memakai suatu penerbangan tertentu.
Booking /
Reservation
Booking / Reservation; pemesanan tempat atau
akomodasi yang dibuat atau dimiliki penumpang.
Cancellation
Fee
Cancellation Fee; Pembayaran atas pembatalan.
Carrying
Member / Carrying Airline
Carrying Member / Carrying Airline; Setiap airline
yang ikut aktif mengangkut dalam suatu perjalanan penumpang.
Charter
Airline
Charter Airline; Bisnis menyewa seluruh pesawat (yaitu, penyewaan) sebagai lawan kursi pesawat
individu (yaitu,
pembelian tiket melalui maskapai tradisional).
Check-in
Check-in; tindakan yang dilakukan oleh tamu atau
penumpang untuk melaporkan diri kepada pihak hotel maupun airline.
Children
Children; Children (2tahun - 12tahun), kategori
anak-anak yang akan dikenakan diskon pada saat pengissuedtan tiket. Akan
tetapi, penerbangan lokal Indonesia hanyalah Garuda Indonesia yang memberikan
diskon pada anak-anak.
Continue
Itinerary
Continue Itinerary; Segmen lanjutan (tidak
termasuk Gap) yang dimiliki penumpang dalam suatu perjalanan.
Computer
Reservation System (CRS)
Computer Reservation System (CRS); Sistim komputer
yang memuat informasi tentang jadwal penerbangan, ketersediaan tempat (seat),
harga (fare) dan pelayanan (service) lainnya yang terkait dengan perjalanan
penumpang. Sistim ini juga dapat untuk melakukan transaksi reservasi dan proses
pengeluaran tiket.
Connecting
Flight
Connecting Flight; pemberhentian pesawat terbang
di suatu tempat tertentu, kemungkinan untuk pergantian pesawat, biasanya
terjadi pada penerbangan internasional.
Destination
Destination; tempat tujuan penerbangan, tempat
yang merupakan tujuan akhir dari suatu perjalanan.
Deplanning
point
Deplaining point; Kota atau airport tempat
penumpang dijadwalkan mengakhiri perjalanannya dalam suatu penerbangan
tertentu.
Direct Flight
Direct Flight; Penerbangan langsung dari origin
point menuju destination tanpa ada transit.
Duplicate
Reservation
Duplicate Reservation; Dua pembukuan atau lebih
yang dibuat oleh seseorang atau beberapa penumpang yang sama, sedangkan
penumpang tersebut hanya dapat menggunakan salah satu dari reservasi tersebut.
Endorsement
Endorsement; Otorisasi dari perusahaan penerbangan
kepada pejabatnya untuk memindahkan hak pemakaian dari ticket atau flight
coupon kepada perusahaan penerbangan yang lain.
Estimate Time
Arrival (ETA)
Estimate Time Arrival (ETA); Ketika
sebuah kapal, kendaraan, pesawat, kargo, layanan darurat atau komputer diharapkan tiba
di tempat tertentu. ETA Biasanya berarti - perkiraan
waktu / diharapkan dari
kedatangan / untuk mencapai /
tersisa.
Estimate Time
Departure (ETD)
Estimate Time Departure (ETD); Data
dan waktu di mana perjalanan
udara atau kapal diperkirakan
akan berangkat dari sebuah kota
melalui bandara atau pelabuhan.
Exchange
Voucher
Exchange Voucher; Voucher yang di keluarkan oleh
BPW yang ada di dalam negeri sebagai pengganti voucher yang di bawa wisatawan
dari negaranya.
Fare
Fare; harga yang dikenakan pada penumpang ketika
membeli tiket. Fare terdiri dari Fare basic, Fuel Surcharge, Tax, dan Iuran
Wajib Jasa Raharja.
Flight Coupon
Flight Coupon; kupon yang harus diisi sesuai
dengan data reservasi penerbangan.
Flight Number
Flight Number; nomor penerbangan suatu airline.
Gap
Gap; Bagian dari Itinerary penumpang yang
melibatkan transportasi lain di luar airline. Untuk airport yang berbeda tetapi
berlokasi pada satu kota yang sama, tidak dikategorikan sebagai Gap.
Group
Group; Permintaan reservasi dari rombongan
penumpang dengan jumlah sepuluh orang atau lebih (tidak termasuk bayi) yang
bermaksud melakukan perjalanan bersama.
High Season
High Season; masa dimana permintaan terhadap
kamar/tiket sangat tinggi, sehingga hotel dan airline sering menaikkan harga
kamar/tiket. High season terjadi pada hari-hari besar seperti Natal, Idul
Fitri, Tahun Baru, dll.
Inadmissible
Passenger
Inadmissible Passenger; Penumpang yang tiba dari
suatu penerbangan tetapi kedatangannya ditolak oleh badan yang berwenang di
negara tersebut.
Incentive
Travel
Incentive Travel; Perjalanan
liburan diatur oleh atau melalui
majikan dan diberikan sebagai bonus motivasi untuk kualifikasi karyawan atau penjual.
Handicap
Passenger
Handicap Passenger; Penumpang yang cacat. Untuk
itu, airline selalu memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh
penumpang yang cacat, seperti kursi roda, dll.
Infant
Infant; Infant (0bulan – 23bulan), memiliki
tingkat diskon yang mencapai 75% dari total fare.
Inclusive Tour
Inclusive Tour; Paket wisata (package tour,
inclusive tour) diartikan sebagai suatu perjalanan wisata dengan satu atau
lebih tujuan kunjungan yang disusun dari berbagai fasilitas perjalanan tertentu
dalam suatu acara perjalanan yang tetap, serta dijual dengan harga tunggal yang
menyangkut seluruh komponen dari perjalanan wisata. Sebelum memahami paket
wisata, harus dipastikan apakah dalam rangkaian komponen-komponen wisata
tersebut terdapat acara mengunjungi objek/atraksi wisata. Bila hanya paket
perjalanan (transportasi) dan akomodasi saja, tidak dapat dikatakan paket tour.
Paket tersebut hanyalah paket perjalanan Free and Eazy, sementara program tour
bisa dipilih sendiri (biasanya memilih seat-in-coach/SIC yang biasanya tersedia
di hotel-hotel ).
Interchange
Flight
Interchange Flight; Penerbangan yang dioperasikan
oleh dua atau lebih perusahaan penerbangan dengan menggunakan peswat yang sama
dari suatu boarding point sampai deplaning point untuk memberikan keuntungan
perjalanan langsung kepada penumpang.
Interline
point
Interline point; Setiap kota atau airport dalam
suatu itinerary penumpang, tempat penumpang berganti atau berpindah
penerbangan dari suatu airline ke airline lainnya.
Itinerary
Itinerary; Keseluruhan perjalanan penumpang dari
awal hingga akhir, meskipun di dalamnya terdapat atau dipisahkan oleh gap.
Late
Cancelation
Late Cancelation; Pembatalan reservasi yang
dilakukan penumpang menjelang saat keberangkatan sehingga airline tersebut
tidak mungkin menjualnya kembali.
Leg
Leg; jarak antara pemberhentian penerbangan yang
berurutan pada satu perjalanan.
Low Season
Low Season; Suatu periode dalam setahun dimana
arus perjalanan wisatawan rendah.
Married
Segment
Married Segment; Penggabungan antara connecting
flight dengan leg yang hanya mempunyai perbedaan pada origin dan destination.
Minimum
Connecting Time
Minimum Connecting Time; Waktu
minimum yang dibutuhkan operator
untuk mentransfer penumpang dan bagasi dari satu penerbangan ke penerbangan yang lain.
Missconnection
Missconnection; Suatu situasi yang terjadi apabila
seorang penumpang yang terlambat tiba di interline point akibat dari
terlambatnya penerbangan, sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan dengan
penerbangan berikutnya.
Miscellaneous
Chargers Order
Miscellaneous Chargers Order; Suatu situasi yang
terjadi apabila seorang penumpang yang terlambat tiba di interline point akibat
dari terlambatnya penerbangan, sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan
dengan penerbangan berikutnya.
No Record
Passenger
No Record Passenger; Suatu keadaan ketika
penumpang yang telah memiliki reservasi dan menunjukkan tiket dengan status
confirm atau ok, tetapi airline office dari boarding member di kota tersebut
tidak memiliki catatan transaksi (record) yang menyatakan bahwa airline pernah
memberikan reservasi kepada penumpang tersebut atau menerima reservasi dengan
status confirm atau ok seperti yang tertera pada tiket.
No Show
Passenger
No Show Passenger; Suatu kelalaian penumpang untuk
menggunakan penerbangan yang telah dipesan atau dibuatnya. No Show terdiri dari
kata No = Tidak dan kata Show = Lihat, jadi secara umumnya No Show dapat
diartikan tidak terlihat atau tidak kelihatan. Kenapa No Show bisa terjadi?
Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya No Show.
Penumpang yang tidak hadir karena alasan tertentu.
Penumpang yang tidak hadir pada saat pesawat akan berangkat dan dia mempunyai
reservasi pada jadwal penerbangan itu, maka penumpang ini disebut telah No
Show.
Kelalaian pihak airlines atau travel agent. Kelalaian
dalam membatalkan reservasi oleh pihak airlines atau travel agent dimana
penumpang sebelumnya sudah melakukan konfirmasi untuk membatalkan perjalanannya
kepada bagian reservasi airlines atau travel agent.
Reservasi fiktif. Adanya reservasi yang telah reconfirm
namun fiktif atau lain kata tiket untuk reservasi tersebut tidak ditulis dan
penumpang atas nama seperti yang tertera pada reservasi tersebut tidak ada.
Hingga sampai pada saat pesawat sudah terbang reservasi ini tidak dibatalkan
oleh si pembuat reservasi.
Untuk penumpang yang No Show ini biasanya masing
masing Airlines menetapkan atau mengenakan biaya kepada penumpang atas ketidak
hadirannya tersebut atau juga kepada pembuat reservasi atas kelalaiannya
tersebut. Besarnya biaya yang dikenakan tergantung dari masing masing airlines.
Non Carrying
Airline / Non Participating Airline
Non Carrying Airline / Non Participating Airline;
Airline yang tidak ikut berpartisipasi dalam menerbangkan penumpang, tetapi
menangani permintaan atau pembuatan reservasinya.
Opendate
Ticket
Opendate Ticket; Tiket penerbangan yang telah di
terbitkan dengan tanggal keberangkatan dan atau nomor penerbitan yang belum
bisa di pastikan. Bagi pemegang tiket terbuka yang akan melakukan penerbangan,
lebih dahulu harus meminta kepastian (konfirmasi) kepada perusahaan
penerbangan.
Originating
Airline / Originating Member
Originating Airline / Originating Member; Airline
yang mengawali pengangkutan penumpang sesuai dengan portion pertamanya di dalam
suatu itinerary penumpang.
Origin
Origin; Kota awal sebelum keberangkatan dimana
seorang penumpang memulai perjalanan.
Over Booking
Over Booking; Sutu keadaan ketika perusahaan
airline melakuakn penerimaan reservasi melebihi kepasitas yang dapat dijual.
Over Sale
Over Sale; Sebuah kondisi dimana harga sebuah aset
telah merosot tajam, dan ketingkat bawah yang nilai sebenarnya berada.
Passenger Name
Record
Passenger Name Record; Catatan transaksi reservasi
yang telah dibuat oleh setiap penumpang, lengkap dengan berbagai informasi yang
diperlukan untuk memproses dan mengontrol transaksi reservasi tersebut, baik
oleh kantor penjualan maupun participating airlines.
PNR Address
PNR Addres; Suatu nomor file referensi yang
diberikan oleh sistem komputer reservasi untuk setiap transaksi reservasi atau
Passenger name Record.
Predesignated
Points
Predesignated Points; Alamat kota atau lokasi dari
masing-masing airline sebagai tujuan pengiriman ataupun permintaan
transaksi reservasi.
Preflight
Checked
Preflight Checked; Prosedur yang dilakukan oleh
masing-masing airline untuk melakukan check terhadap seluruh catatan transaksi
reservasinya guna memastikan seluruh transaksi reservasi telah benar.
Prepaid Ticket
Advice (PTA)
Prepaid Ticket Advice (PTA); Pemberitahuan melalui
teletype komersial atau surat bahwa seseorang dalam satu kota dapat meminta
penerbitan prabayar transportasi ke orang lain di kota lain.
Reconfirmation
Reconfirmation; ketentuan yang digunakan oleh
beberapa airline yang mengharuskan penumpang melapor kembali atau menghubungi
airline tersebut guna memastikan keberangkatan nya atas transaksi reservasi
yang dimiliki atau yang telah dibuatnya.
Rebooking
Rebooking; Perubahan terhadap jam dan jadwal
pembukuan.
Revalidation
Revalidation; Stempel resmi atau penulisan pada
kupon penerbangan atau pada flight coupon yang menunjukkan bahwa itu telah
resmi di ubah oleh pihak pengangkut.
Change Date
Change Date; Perubahan tanggal atau jadwal
tiket penerbangan sesuai dengan keinginan penumpang.
Schedule
Airline
Schedule Airline; Jadwal penerbangan dari suatu
airline yang diumumkan secara resmi melalui time table atau Official
Airline Guide (OAG) denagn menggunakn 2/3 kode angka / huruf yang
merupakan singkatan dari airline dan kota-kota yang diterbangi, yaitu 3 letter
city / airport codes.
Schedule Change
Schedule Change; Setiap perubahan jadwal
penerbangan yang harus disampaikan kepada setiap penumpang yang telah memiliki
reservasi. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan jam keberangkatan /
kedatangan., perubahan nomor penerbangan, frekuensi penerbangan, perubahan
kelas pembukuan, rute dan sebagainya.
Segment
Segment; Sebuah leg atau sekelompok leg dari
boarding point seorang penumpang hingga deplaning point pada suatu penerbangan
tertentu.
Go Show
Go Show; Go Show terdiri dari kata Go = Pergi dan
kata Show = Lihat, jadi secara kasarnya Go Show berarti pergi dan lihat. Pergi
berarti kita sebagai calon penumpang langsung menuju kebandara untuk
mendapatkan tiket keberangkatan dan lihat berarti kita melihat apakah ada
kemungkinan untuk kita bisa mendapatkan seat untuk perjalanan kita tersebut. Go
Show biasanya dilakukan oleh calon penumpang yang mendesak untuk berangkat
dimana tiket untuk keberangkatan ini tidak bisa lagi dilakukan reservasinya
dikantor penjualan kota airlines maupun di travel agent. Waktu Go Show ini
biasanya adalah 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Cara mendapatkan
seat go show ini sama seperti melakukan reservasi seat pada umumnya, namun yang
membedakan adalah reservasi go show hanya dapat dilakukan oleh staff airlines
yang bertugas dibandara.
Transit
Transit; Kendaraan penumpang ( pesawat terbang,
kereta api, kapal laut, dsb) yang berhenti sementara di suatu tempat tertentu
menambah konsumsi, dsb.
Stop Over
Stop Over; Pemutusan atau penghentian perjalanan
yang dilakukan atas kehendak dan atas persetujuan sebelumnya oleh airline yang
bersangkutan, di satu kota antara tempat keberangkatan dan tujuan.
Arrunk
Arrunk; Waktu kedatangan pesawat tidak diketahui.
Hub and Spoke
Hub and Spoke; Sistem transportasi udara dimana
bandara lokal menawarkan transportasi udara ke bandara pusat dimana penerbangan
jarak jauh yang tersedia.
Checked
Baggage
Checked Baggage; Bagasi terdaftar adalah bagasi
penumpang yang di muat khusus di dalam ruang barang pesawat (baggage
compartement) setiap bagasi penumpang tersebut akan di berikan lebel baggage
atau claim tag dengan demikian semua bagasi penumpang akan terdaftar dan
kemungkinan kehilangan bagasi sangat kecil.
Terminal
Terminal; Komponen penting dalam system
transportasi yang di representasikan dengan titik dimana penumpang dan barang
masuk dan keluar dari system dan juga di sebut sebagai prasarana transportasi
jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang atau barang serta mengatur
kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.
Runway
Runway; Jalur landasan pacu naik turunnya pesawat.
Ticketing Time
Limit
Ticketing Time Limit; Batas waktu yang telah
ditetapkan oleh Airline, yakni penumpang yang telah memiliki reservasi konfirm
harus sudah membeli tiket, atau bagi penumpang yang telah holding tiket tetapi
harus direvalidasi ataupun reissued.
Unaccompanied
Minor
Unaccompanied Minor; Seorang anak di bawah 12
tahun yang berpergian dengan pengawalan yang di sediakan oleh perusahaan
penerbangan.
Very Important
Person (VIP)
Very Important Person (VIP); Penumpang pesawat
yang harus mendapat perlakuan yang sangat istimewa.
Excess Baggage
Excess Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat
terbang melebihi batas berat yang di tentukan. Untuk setiap KG kelebihan berat
barang di kenakan satu persen dari harga tiket kelas eksekutif.
Unchecked
Baggage
Unchecked Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat
udara yang diizinkan untukdibawa masuk dalam kabin penumpang.
Cargo
Cargo; Semua barang yang dikirim melalui udara
(pesawat terbang), laut (kapal) atau darat (truk kontainer) untuk
diperdagangkan, baik antar wilayah atau kota di dalam negeri maupun antar
negara (internasional) yang dikenal dengan istilah ekspor-impor.
Delay
Delay; Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan.
Conveyor Belt
Conveyor Belt; Sebuah alat mekanis yang terdiri
dari sabuk bergerak terus-menerus yang mengangkut bahan atau paket dari satu
tempat ke tempat lain.
In Flight
Service
In Flight Service; Proses pelayanan penumpang
selama di perjalanan atau di dalam pesawat.
Fragile Goods
Fragile Goods; Barang – barang yang mudah
pecah-belah.
Perishable
Goods;
Perishable Goods; Barang-barang peka waktu.
CIQ
CIQ; Lembaga pemerintahan yang bertugas mengatur ,
mengawasi dan mengamankan lalu lintas keluar masuknya manusia , barang-barang
dan makhluk hidup demi tegaknya kewibawaan pemerintah suatu negara.
OSI (Other
Service Information) / SSR (Special Service Requirement)
OSI (Other Service Information) / SSR (Special
Service Requirement); Informasi tambahan lainnya yang di berikan kepada
penerima pesan untuk mendapatkan informasi tanpa membutuhkan jawaban dari
penerima/ Informasi reservasi mengenai prosedur tertentu atau lainnya yang
membutuhkan penerima untuk menjawab atau mengambil tindakan dengan segera.
Komentar